www.lagonlon.com
 



Rumus tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)

Dalam tutorial ini kita akan membahas cara menentukan rumus tetapan kesetimbangan (KC dan KP) suatu reaksi kesetimbangan dari persamaan reaksinya.


Mengenal reaksi kesetimbangan

Reaksi kesetimbangan adalah reaksi yang berlangsung dua arah (bolak-balik). Persamaan reaksi dituliskan dengan menggunakan tanda panah reaksi bolak-balik ().
Reaksi dikatakan telah mencapai kesetimbangan jika laju reaksi ke kiri sama dengan laju reaksi ke kanan.
Reaksi kesetimbangan dikatakan homogen, jika semua zat yang terlibat berada pada fasa yang sama.
Reaksi kesetimbangan dikatakan heterogen, jika zat yang terlibat tidak berada pada fasa yang sama.

Bagian-bagian dalam persamaan reaksi kesetimbangan

Sebelum melanjutkan, mari kita pahami terlebih dahulu bagian-bagian dalam persamaan reaksi. Persamaan reaksi kesetimbangan dapat dituliskan seperti pada contoh berikut:

4 A (s)  +  2 BC2 (l)    4 AC (aq)  +  B2 (g)
(hanya contoh penulisan, bukan reaksi yang sebenarnya)

Berdasar contoh persamaan reaksi kesetimbangan di atas, berikut adalah bagian-bagiannya:

  • panah reaksi()
    membagi persamaan menjadi dua ruas, ruas kiri dan ruas kanan.

  • Zat yang terlibat
    zat yang terlibat dalam persamaan reaksi di atas adalah:
    ruas kiri :  A dan BC2
    ruas kanan :  AC dan B2

  • Koefisien
    koefisien persamaan reaksi pada contoh di atas (berwarna merah) adalah: 4 - 2 - 4 -1, dengan perincian:
    koefisien A = 4
    koefisien BC2 = 2
    koefisien AC = 4
    koefisien B2 = 1
    (dalam persamaan reaksi, koefisien = 1 tidak perlu dituliskan)

  • fasa zat
    fasa zat-zat yang terlibat dalam persamaan reaksi di atas (warna biru) adalah:
    fasa zat A : s (solid/padat)
    fasa zat BC2 : l (liquid/cair)
    fasa zat AC : aq (aqueous/larut dalam air)
    fasa zat B2 : g (gas)

Tetapan kesetimbangan (K)

Tetapan kesetimbangan (K) merupakan konstanta (angka/nilai tetap) perbandingan zat ruas kanan dengan ruas kiri pada suatu reaksi kesetimbangan. Tiap reaksi memiliki nilai K yang khas, yang hanya berubah dengan pengaruh suhu.
Ada dua macam tetapan kesetimbangan, yaitu: KC dan KP.
Perbedaannya:
- KC diukur berdasarkan konsentrasi molar zat-zat yang terlibat.
- KP diukur berdasarkan tekanan parsial gas-gas yang terlibat (khusus fasa gas).

Ada beberapa simbol lain untuk KC, sesuai jenis reaksi kesetimbangannya, seperti:
- Ka, untuk reaksi kesetimbangan asam lemah
- Kb, untuk reaksi kesetimbangan basa lemah
- Kw, untuk reaksi kesetimbangan air (water) dan
- Kh, untuk reaksi kesetimbangan hidrolisis
Meskipun berbeda simbol/nama, perhitungannya sama dengan KC.

Rumus tetapan kesetimbangan (KC)

Rumus tetapan kesetimbangan KC secara garis besar merupakan perbandingan (hasil bagi) antara konsentrasi molar ([ ]) zat-zat ruas kanan dengan konsentrasi molar zat ruas kiri yang dipangkatkan dengan koefisiennya.
Karena fasa padat (s) dan cair (l) tidak memiliki konsentrasi, maka kedua fasa ini tidak dilibatkan dalam rumus tetapan kesetimbangan KC (diberi nilai=1).
Perlu diingat:
tanda kurung siku ([  ]) merupakan simbol untuk konsentrasi molar zat.

KC  =  [zat ruas kanan]koefisien
[zat ruas kiri]koefisien

Mari kita perhatikan contoh berikut:

Contoh (KC):

  1. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    CaCO3 (s) + 2 H2O (l) Ca(OH)2 (aq) + H2CO3 (aq)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangannya!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 1 - 2 - 1 -1

    KC  =  [Ca(OH)2]1 x [H2CO3]1
    1 x 1
     
     =  [Ca(OH)2][H2CO3]

    Catatan:
    CaCO3 dan H2O tidak disertakan dalam rumus tetapan kesetimbangan, karena memiliki fasa padat (s) dan cair (l). Masing-masing diberi nilai = 1.



  2. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    2 S2O3 (g) + O2 (g) 4 SO2 (g)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangan KC untuk reaksi tersebut!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 2 - 1 - 4

    KC  =  [SO2]4
    [S2O3]2 x [O2]1
     
     =  [SO2]4
    [S2O3]2 [O2]

Rumus tetapan kesetimbangan (KP)

Rumus tetapan kesetimbangan KP merupakan perbandingan (hasil bagi) antara tekanan parsial (PX) zat-zat ruas kanan dengan tekanan parsial zat ruas kiri yang dipangkatkan dengan koefisien masing-masing..
Hanya zat yang berfasa gas (g) yang diperhitungkan dalam rumus tetapan kesetimbangan KP.
Zat dengan fasa selain gas (S, l, dan aq) tidak dicantumkan dalam rumus tetapan kesetimbangan, tetapi diberi nilai = 1.

KP  =  (tekanan parsial zat ruas kanan)koefisien
(tekanan parsial zat ruas kiri)koefisien
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

Contoh (KP):

  1. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    CO2 (aq) CO2 (g)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangan KP untuk reaksi tersebut!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 1 - 1

    KP  =  (PCO2)1
    1
     
     =  (PCO2)

    Catatan:
    Rumus KP hanya berlaku untuk zat yang berfasa gas, sehingga CO2 pada ruas kiri (aq) tidak dilibatkan, hanya diberi nilai = 1.



  2. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    2 S2O3 (g) + O2 (g) 4 SO2 (g)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangan KP untuk reaksi tersebut!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 2 - 1 - 4

    KP  =  (PSO2)4
    (PS2O3)2 x (PO2)1
     
     =  (PSO2)4
    (PS2O3)2 (PO2)





Catatan:
Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Tuliskan komentar baru:
Nama :
Komentar :
  lagonlon  

Komentar (18)

1.
Sufandi
(14/12/17 pukul 20:50:38)
Nitrogen dioksida cenderung berasosiasi bila temperatur diturunkan membentuk dinitrogen tetraoksida kedalam labu tertutup ukuran 100 ml ditaruh 0,235g NO2 dan kesetimbangan dicapai pada 55 derajat C.pada temperatur tersebut terdapat 0,115g NO2. Hitunglah Kc..???

2.
susi
(12/12/17 pukul 20:10:55)
saya mau tanya kalau derajat disosiasi itu apa sih .... terima kasih

Elvira
(14/12/17 pukul 02:23:17)
Terdisosiasi artinya jumlah mol zat yang terurai atau bereaksi adalah sekian% dari jumlah mol mula-mula. Misal terdisosiasi 10%, artinya jumlah mol zat yang terurai atau bereaksi adalah 10% atau 0,1 dari jumlah mol mula-mula.

3.
Siska
(22/06/17 pukul 12:11:34)
Ka saya pengen tau ch hubungan kc dengan kp dong

nugnug
(30/07/17 pukul 11:58:17)
Contoh soal hubungan KC dan KP dapat dilihat disini:

4.
RIZKI AFSARI
(23/05/17 pukul 08:48:28)
Bagus sangat membantu 😊

nugnug
(28/05/17 pukul 04:58:03)
Terimakasih sudah berkunjung...

5.
Azzam
(04/04/17 pukul 21:43:07)
matur nuhun atu,,sangat membantu

6.
LaoShie
(25/03/17 pukul 19:42:15)
Jadi penjelasan persamaan nya apa atuuhh??

nugnug
(27/03/17 pukul 17:00:07)
hapunten.. mung sakitu..

7.
sri sabtu
(21/03/17 pukul 21:32:32)
terima kasih

nugnug
(27/03/17 pukul 16:56:23)
sama sama

8.
Dini
(13/03/17 pukul 09:03:40)
Cara cepat gk ada ta ? Trs tekanan parsial gimana ??

nugnug
(13/03/17 pukul 22:41:31)
Kuis dan tutorial untuk menghitungan Kc dan Kp belum dibuat. mohon maklum

9.
Adhimas Wahyu p
(20/05/15 pukul 20:03:22)
gan kalo soal kyk gini gmn? Bejana 3 l dlm keadaan setimbang terdapat 3 mol NH3(3 nya kecil ane gak bisa edit)dan 3 mol H2(sama kyk yg di atas)sesuai persamaan:2NH-N2+3H2 jika harga Kc reaksi tersebut = 1/3 maka konsentrasi N2 dalam kesetimbangan adalah? gimana gan? ane kgk bisa, sekalian ama caranya gan

nugnug
(21/09/15 pukul 00:31:08)
Jawaban:1
3
M


Pembahasannya dapat dilihat disini: .

10.
firman
(11/05/15 pukul 08:53:56)
Kk bagaimana cara penyelesaian bilangan oksidasi di bawah ini a NH4+ b BaO2 c S2O7 2-

nugnug
(21/09/15 pukul 00:34:16)
maaf firman.. soal kurang lengkap..

11.
yusuf
(22/04/15 pukul 20:27:27)
Bagus saya menjadi tau dan benar

nugnug
(21/09/15 pukul 00:02:40)
ok yusuf

12.
Dania
(12/04/15 pukul 21:31:03)
Kak, kalau yang diketahui harga Kc dan yang ditanya harga Kp solusinya gimana ya..?

mints
(13/04/15 pukul 03:58:34)
kp = kc(RT)^(selisih koefisien)

nugnug
(13/04/15 pukul 21:51:09)
trims mints.betul sekali. tutorial untuk konversi Kc - Kp belum dibuat. kuisnya sudah ada.

13.
anJhar emo
(29/03/15 pukul 23:39:18)
.mkasih gan , ini sangat membantu ane .. Wlaupun aga sedkit puyeng nh kpala

nugnug
(30/03/15 pukul 22:06:36)
Oke

14.
desta
(26/03/15 pukul 13:47:22)
Mantap

nugnug
(30/03/15 pukul 22:07:15)
Terima kasih

15.
alprist
(19/03/15 pukul 22:04:37)
good. sangat mmbantu, tadix saya dah lupa,pas buka internet eh jd ingat lagi deh

nugnug
(22/03/15 pukul 10:27:01)
Ok. Itu emang salah satu tujuan kimiatnt (sekarang namanya jadi: lagonlon).

16.
nugroho aji purnomo
(26/02/15 pukul 10:32:33)
faktor yang mempengaruhi laju reaksi apa kakak??

nugnug
(26/02/15 pukul 21:42:24)
faktor yang mempengaruhi laju reaksi:
  • konsentrasi awal pereaksi
  • suhu
  • luas permukaan bidang sentuh
  • penambahan katalis

viatanti
(12/03/15 pukul 08:38:18)
pusing kepala berbie

17.
hana
(24/02/15 pukul 09:33:25)
good..sngt membantu..

nugnug
(24/02/15 pukul 17:44:07)
trims juga. senang bisa membantu..

18.
Lala delviani
(08/02/15 pukul 12:07:53)
Bolehkan saya bertanya?

nugnug
(08/02/15 pukul 12:59:42)
Silakan, bebas kok.

ryan govinda
(18/11/15 pukul 09:03:39)
apakah yang anda maksud?

Bondan
(10/03/17 pukul 14:15:36)
Hanya itu kah jawabannya

Revo
(13/05/17 pukul 07:41:27)
Sangat membantu :)



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see

Pengunjung

1 2 4 8 8 1
www.lagonlon.com