www.lagonlon.com

Tutorial

Jumlah Proton, Neutron dan Elektron



Dalam tutorial ini, kita akan membahas bagaimana menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dalam suatu atom tak bermuatan (netral) dan bermuatan (ion) dengan menggunakan data nomor atom dan nomor massa.


Nomor atom dan nomor massa

Nomor atom (Z) merupakan bilangan yang menunjukkan jumlah proton dalam suatu unsur. Nomor atom bisa difungsikan sebagai nomor urut tetap untuk jenis unsur tertentu. Misalnya, nomor atom = 1 hanya digunakan untuk atom Hidrogen. Dengan kata lain, tiap jenis unsur memiliki jumlah proton yang tetap.

Nomor massa (A) merupakan bilangan yang menunjukkan jumlah proton dan neutron dalam inti atom. Satu jenis unsur dapat memiliki nomor massa yang berbeda, tergantung dari jumlah neutron yang terkandung. Dengan demikian, jumlah neutron dalam satu jenis unsur tidak selalu sama.

Nomor massa suatu unsur lebih besar dari nomor atomnya (kecuali hidrogen). Nomor massa yang tertera dalam tabel periodik biasanya berbentuk bilangan desimal (tidak bulat). Untuk keperluan perhitungan jumlah proton, elektron dan neutron, kita harus membulatkan nomor massa. Nomor massa dibulatkan ke bilangan bulat terdekat (round).

Kita tidak perlu menghafalkan nomor atom dan nomor massa. Dalam soal, jika diperlukan, data nomor atom dan nomor massa sudah disediakan.



Dimana kita mendapatkan Nomor Atom dan Nomor Massa ...?

Kita dapat menemukan nomor atom dan nomor massa pada:
  • Notasi/Lambang Unsur
    AX
    Z
    Bila kita menemukan notasi/lambang unsur seperti di atas, maka kita dapat mengetahui nomor atom dan nomor massanya.
    Makna dari lambang unsurdi atas adalah:
    X=lambang unsur
    Z=nomor atom
    A=nomor massa


  • Tabel Periodik Unsur
    Data yang tercantum dalam tabel periodik unsur banyak ragamnya. Ada tabel yang mengandung data lengkap, atau data sederhana.
    Nomor atom dan nomor massa adalah data wajib yang harus ada dalam tabel periodik.
    Tabel periodik juga bisa menampilkan data secara lengkap, seperti nama unsur, konfigurasi elektron, energi ionisasi, dan lain-lain.
    Berikut contoh Tabel Periodik Unsur yang sederhana:


    Dari tabel periodik tersebut kita bisa menemukan nilai nomor atom dan nomor massa suatu unsur.
    Data lainnya (seperti nama dan konfigurasi elektron), dapat dilihat dengan meng-klik lambang unsur yang kita inginkan.
    Sebagai contoh:



    Dari tabel dapat kita lihat nomor atom dan nomor massa unsur vanadium (V):
    nomor atom (Z)=23 (angka yang kecil)
    nomor massa (A)=51 (angka yang besar, dibulatkan)


Jumlah proton

Kita dapat menentukan jumlah proton, yaitu:

Jumlah proton = nomor atom (Z)


Jumlah neutron

Cara menentukan jumlah neutron:

jumlah neutron = nomor massa (A) - nomor atom (Z)


Jumlah elektron

Kita dapat menentukan jumlah elektron dengan persamaan:

jumlah elektron = Jumlah proton - muatan

Contoh 1

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada
7
3
Li

Penyelesaian:

Dik.
Z= 3
A= 7

Dit.
jumlah proton = ...?
jumlah neutron = ...?
jumlah elektron = ...?

Jwb.
jumlah proton = Z
= 3

jumlah neutron = A - Z
= 7 - 3
= 4

jumlah elektron = jumlah proton
= 3

Contoh 2

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada
23
11
Na+

Jawaban:

Dik. 
Z = 11
A = 23
muatan = + 1

Dit. 
jumlah proton = ...?
jumlah neutron = ...?
jumlah elektron = ...?

Jwb. 
jumlah proton = Z
= 11

jumlah neutron = A - Z
= 23 - 11
= 12

jumlah elektron = jumlah proton - muatan
= 11 - 1
= 10

Contoh 3

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada
16
8
O2-

Jawaban:

Dik. 
Z = 8
A = 16
muatan = - 2

Dit. 
jumlah proton = ...?
jumlah neutron = ...?
jumlah elektron = ...?

Jwb. 
jumlah proton = Z
= 8

jumlah neutron = A - Z
= 16 - 8
= 8

jumlah elektron = jumlah proton - muatan
= 8 - (-2)
= 10



Video Pembelajaran



Video pjj:
Struktur Atom (Part-1)



(ukuran file : 64 MB)

Materi:

  1. Pengenalan Unsur
  2. Perkembangan Teori Atom
  3. Partikel Penyusun Atom
  4. Nomor Atom, Nomor Massa, Lambang Atom
  5. Jumlah Proton, Neutron, dan Elektron
  6. Isotop, Isobar,Isoton, dan Isoelektron






Kuis

Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:





Catatan:

Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Tuliskan pesan/komentar baru


Pesan untuk halaman ini sudah mencapai batas maksimal.
Silakan berikan komentar baru di halaman Pesan.


#114


Zahra
(22/08/20 pukul 21:14:57)

Jika ion positif (kation) terbentuk ketika suatu atom melepaskan satu atau lebih elektron Sedangkan, ion negatif (anion) terbentuk ketika suatu atom menangkap satu atau lebih elektron. Jelaskan apakah jumlah proton dan jumlah elektron dalam suatu atom selalu sama dan tetap?


nugnug
(23/08/20 pukul 16:02:00)

jumlah proton selalu tetap
jumlah elektron bisa berubah.


#113


Ridho
(22/08/20 pukul 20:07:43)

Tentukan nama lambang unsur,jumlah proton,elektron,Dan, neutron dari unsur dibawah ini 1780


nugnug
(23/08/20 pukul 16:01:15)


17O
8

Diketahui
nomor atom (Z)=8
nomor massa (A)=17
muatan=0
nama unsur=Oksigen (isotop O-17)

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=8

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=8 - (0)
=8

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=17 - 8
=9


#112


Erika Patricia
(22/08/20 pukul 09:32:18)

Tuliskan unsur dan notasi dari proton 35 dan neutron 45?


nugnug
(22/08/20 pukul 16:59:16)


Diketahui

jumlah proton=35
neutron=45

Ditanyakan
notasi unsur=...?

Penyelesaian
nomor atom (Z)=jumlah proton
=35

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=35 + 45
=80

notasi unsur:
80Y
35


#111


Angga saputra
(20/08/20 pukul 17:19:17)

Ko enggak ada yg aku cari


nugnug
(22/08/20 pukul 16:55:59)

aku pun tak tahu apa yang kau cari


#110


Ikhsan alhamid
(19/08/20 pukul 13:30:18)

Berapakah jumlah Proton di dalam atom x


#109


April
(19/08/20 pukul 13:21:10)

Jumlah elektron pada Na+ dengan nomor atom 11 dan no massa 23 adalah..


nugnug
(22/08/20 pukul 16:44:51)

muatan Na=+1,

jumlah elektron=nomor atom - muatan
=11 - (+1)
=10


#108


Khusnul
(19/08/20 pukul 12:33:04)

Selesaikan tugas sya


#107


Agus putra
(19/08/20 pukul 11:43:03)

Nomor massa=7 Nomor atom= 8 berapa neutronnya


nugnug
(19/08/20 pukul 18:40:06)


Tidak bisa diselesaikan,
nomor massa harus lebih besar atau sama dengan nomor atom.


#106


Kim Doy
(19/08/20 pukul 11:30:13)

Cara menentukan notasi atom?


nugnug
(19/08/20 pukul 18:39:04)


Dapat dilihat disini:


#105


Rizmi
(19/08/20 pukul 11:11:25)

Berapa jumlah elektron dari unsur


#104


Cika
(19/08/20 pukul 10:42:21)

¹⁶0²- ⁸ Jumlah proton elektron dan neutron adalah


nugnug
(19/08/20 pukul 17:43:36)


16O2-
8

Diketahui
Nomor atom (Z)=8
Nomor massa (A)=16
muatan=-2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=8

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=8 - (-2)
=10

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=16 - 8
=8


#103


Riana ag
(19/08/20 pukul 09:46:13)

Jika unsur X yang mempunyai nomor atom 11 dan nomor massa 24 dapat membentuk ion X yang bermuatan +1; maka jumlah proton, elektron, dan neutron dari ion tersebut adalah


nugnug
(19/08/20 pukul 17:41:51)


24Na+
11

Diketahui
Nomor atom (Z)=11
Nomor massa (A)=24
muatan=+1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=11

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=11 - (+1)
=10

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=24 - 11
=13


#102


Herlina
(19/08/20 pukul 08:28:18)

Kurang jelas


#101


Mahyun
(19/08/20 pukul 08:20:34)

Tentukan jumlah proton ,elektron dan neuton pada ion berikut 56 3+ Fe


nugnug
(19/08/20 pukul 17:37:45)


56Fe3+
26

Diketahui
Nomor atom (Z)=26
Nomor massa (A)=56
muatan=+ 3

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=26

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=26 - (+ 3)
=23

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=56 - 26
=30


#100


Avivahh
(19/08/20 pukul 07:46:21)

Tentukan proton,elektron dan neutron dari : 35,5 CI 17 -


nugnug
(19/08/20 pukul 17:35:45)

35Cl-
17

Diketahui
Nomor atom (Z)=17
Nomor massa (A)=35 (hasil pembulatan)
muatan=-1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=17

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=17 - (-1)
=18

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=35 - 17
=18


#99


Rika
(18/08/20 pukul 21:43:22)

Ion X pangkat 3+ mempunyai 23 elektron dan 30 neutron, tuliskan notasi atom unsur X


nugnug
(19/08/20 pukul 17:33:07)


Diketahui

jumlah elektron=23
jumlah neutron=30
muatan=+ 3

Ditanyakan
notasi unsur=...?

Penyelesaian
Jumlah proton=jumlah elektron + muatan
=23 + (+3)
=26

nomor atom (Z)=jumlah proton
=26

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=26 + 30
=56

notasi unsur:
56X
26


#98


Lisna Amalia
(18/08/20 pukul 15:53:17)

Jumlah proton 24 dan jumlah neutron nya 28,sebutkan nomor massa, nomot atom dan jumlah elektron nya


Pintar
(18/08/20 pukul 16:04:19)

Nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron = 52, Nomor atom = jumlah proton = 24, Jumlah elektron = jumlah proton (karena tidak ada muatan) = 24


#97


Ria Saputri
(18/08/20 pukul 14:01:43)

Suatu atom unsur mempunyai jumlah proton 6,jumlah elektron 6 dan jumlah neutron 6.tuliskan lambang unsur tersebut!


Pintar
(18/08/20 pukul 15:57:43)

Lambangnya C, unsurnya carbon..... cari google aja dapat tuh.


nugnug
(18/08/20 pukul 18:10:27)


Diketahui

jumlah proton=6
jumlah elektron=6
jumlah neutron=6

Ditanyakan
lambang unsur=...?

Penyelesaian
nomor atom (Z)=jumlah proton
=6

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=6 + 6
=12

lambang unsur:
12X
6


#96


Desti andiny
(18/08/20 pukul 13:13:09)

Itu snggat membantu bagi saya .trima kasih🖤☺️🙏


nugnug
(18/08/20 pukul 18:08:17)

sama-sama


#95


Putri
(18/08/20 pukul 11:53:55)

Suatu atom netral memiliki jumlah proton 20 dan neutron 39, maka atom tersebut memiliki jumlah elektron sebanyak


Pintar
(18/08/20 pukul 15:58:50)

Kalo untuk atom netral, jumlah proton = jumlah neutron, jadi jumlah elektron = 20


Pintar
(18/08/20 pukul 15:59:20)

Jumlah proton = jumlag elektron maksudnya...


#94


Nazila
(18/08/20 pukul 11:16:46)

Carolan minimal 5 atom Dan tentukan Jinnah proton electron Dan netronx


#93


Nina
(18/08/20 pukul 10:33:39)

Temukan proton elektron dan neuton dari spesi atom ca,ion ca± ,ion ca–


#92


Kila
(17/08/20 pukul 14:49:37)

58 Ni 27 tentukan nomor massa, nomor atom, jumlah proton, jumlah neutron dan jumlah elektron


Pintar
(18/08/20 pukul 16:01:51)

Nomor massa = 58, Nomor atom = jumlah proton = 27, Jumlah neutron = nomor massa - jumlah proton = 58 - 27 = 31, Jumlah elektron = jumlah proton (karena tidak bermuatan) = 27


#91


Sutinah
(17/08/20 pukul 14:10:41)

Tentukan jumlah Proton elektron dan neutron dari a.ion 3²-


#90


Najwa
(17/08/20 pukul 11:44:11)

Tentukan jumlah netron protin dan elektron dari a.¹ 9A


#89


Khairunisa
(15/08/20 pukul 22:02:04)

Tentukan nomor massa, nomor atom, proton. Electron, neutron


#88


Rendy
(15/08/20 pukul 08:50:10)

Tentukan jumlah proton,elektron dan neutron untuk atom"berikut : 14 6 X


Pintar
(16/08/20 pukul 20:13:55)

Jumlah proton = 6, Jumlah elektron = 6 - 0 = 6 (muatannya gak ada), Jumlah neutron = 14 - 6 = 8


#87


Listya
(15/08/20 pukul 06:59:18)

Diketqhui beberapa ion dan lambangnya sebagai nerikut A. 16 8 A+


Pintar
(16/08/20 pukul 20:11:27)

(Soalmu sedikit aneh karna ada "A." dan "B." gak ada. Pertanyaannya juga gak ada. Jadi kuanggap pertanyaannya yang umum aja. 🙁) Jumlah proton = 8, Jumlah neutron = 16 - 8 = 8, Jumlah elektron = 8 - 1 = 7.


#86


Baiq Nurul Hikmah
(14/08/20 pukul 12:26:17)

Tentukan jumlah proton electron dan neutron dari unsur dan ion berkulit 3 5 1 7 CI-


nugnug
(14/08/20 pukul 20:02:30)


35Cl-
17

Diketahui
Nomor atom (Z)=17
Nomor massa (A)=35
muatan=-1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=17

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=17 - (-1)
=18

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=35 - 17
=18


#85


Baiq Nurul Hikmah
(14/08/20 pukul 12:16:04)

Ten


#84


SilfaRahim
(14/08/20 pukul 12:12:01)

Jumlah neutron dari atom 12 per 8 O...


nugnug
(14/08/20 pukul 20:05:48)

12O2-
8

Diketahui
Nomor atom (Z)=8
Nomor massa (A)=12
muatan=-2

Ditanyakan
jumlah neutron=...?

Penyelesaian
jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=12 - 8
=4


#83


SilfaRahim
(14/08/20 pukul 11:47:46)

Jumlah neutron dari atom 12 per 8 O....


nugnug
(14/08/20 pukul 20:30:08)

12O
8

Diketahui
Nomor atom (Z)=8
Nomor massa (A)=12
muatan=0

Ditanyakan
jumlah neutron=...?

Penyelesaian
jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=12 - 8
=4


#82


Tenri Ajeng
(14/08/20 pukul 09:34:22)

Thangk You


nugnug
(14/08/20 pukul 20:32:26)

yw


#81


Si ep
(14/08/20 pukul 09:32:37)

Atom X mempunyai massa 35 dan neutron 18,atom Y memiliki Proton dan neutron lebih kecil 2 dari atom X, nomor massa atom Y adalah


Pintar
(16/08/20 pukul 19:50:01)

Atom X: Neutron=18 Proton=35-18=17 Atom Y: Neutron=18-2=16 Proton=17-2=15


Pintar
(16/08/20 pukul 19:51:33)

Massa atom = Proton + Neutron = 16 + 15 = 31


nugnug
(18/08/20 pukul 17:52:57)

siip @Pintar


#80


Nana
(14/08/20 pukul 07:58:48)

Tentukan notasi atom (AZ X). Proton=16, neutron=16, elektron=16


nugnug
(14/08/20 pukul 20:38:06)


Diketahui

jumlah proton=16
jumlah elektron=16
jumlah neutron=16

Ditanyakan
notasi atom=...?

Penyelesaian
nomor atom (Z)=jumlah proton
=16

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=16 + 16
=32

Notasi atom:
32X
16


#79


Dea Dara
(14/08/20 pukul 07:55:53)

Tentukan jumlah proton, elekron, dan neutron dari atom dibawah, sekaligus caranya A. 11 Na²³ B. 7 N¹⁴ C. 53 I¹²⁴


nugnug
(18/08/20 pukul 17:50:58)


23Na
11

Diketahui
Nomor atom (Z)=11
Nomor massa (A)=23
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=11

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=11 - 0
=11

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=23 - 11
=12


14N
7

Diketahui
Nomor atom (Z)=7
Nomor massa (A)=14
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=7

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=7 - (0)
=7

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=14 - 7
=7


127I
53

Diketahui
Nomor atom (Z)=53
Nomor massa (A)=127
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=53

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=53 - (0)
=53

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=127 - 53
=74


#78


M aldo
(13/08/20 pukul 14:21:28)

Suatu partikel X memiliki nomor atom 19 dan 18 elektron Particle tersebut dapat dikategorikan sebagai


Pintar
(16/08/20 pukul 19:56:25)

(Di soalmu jangan pake partikel, pake aja unsur) Unsur dengan nomor atom 19 dan muatan +1 adalah potassium (K). Cek google aja dapat sih...


nugnug
(18/08/20 pukul 16:00:26)


Karena jumlah elektron tidak sama dengan nomor atom,
maka partikel tersebut merupakan ion

Karena jumlah elektron lebih kecil dibanding nomor atom,
maka partikel tersebut bermuatan positif


#77


khairu azizah.sw
(13/08/20 pukul 11:47:27)

Berapa nomor atom dan nomor massa unsur-unsur berikut!serta tuliskan lambangnya. UNSUR JUMLAH PROTON X 7 JUMLAH ELEKTRON 7 JUMLAH NEUTRON 7 HASILNYA ADALAH....


nugnug
(14/08/20 pukul 20:39:39)


Diketahui

jumlah proton=7
jumlah elektron=7
jumlah neutron=7

Ditanyakan
notasi atom=...?

Penyelesaian
nomor atom (Z)=jumlah proton
=7

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=7 + 7
=14

Notasi atom:
14X
7


Pintar
(16/08/20 pukul 19:59:26)

Mana unsurnya..... Nitrogen. Cari google dapat tuh...


#76


Nova karisma
(13/08/20 pukul 11:14:59)

Tentukan jumlah elektron proton dan neutron didalam atom 16 S² 32


nugnug
(14/08/20 pukul 20:46:27)


32S2-
16

Diketahui
Nomor atom (Z)=16
Nomor massa (A)=32
muatan=- 2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=16

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=16 - (- 2)
=18

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=32 - 16
=16


#75


Nova karisma
(13/08/20 pukul 11:13:54)

Tentukan jumlah elektron, proton, dan neutron didalam atom 16 33 S²


nugnug
(14/08/20 pukul 20:49:33)


33S2-
16

Diketahui
Nomor atom (Z)=16
Nomor massa (A)=32
muatan=- 2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=16

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=16 - (- 2)
=18

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=33 - 16
=17


#74


Rohima juni wanti
(13/08/20 pukul 08:08:32)

Tentukan jumlah proton,elektron dan neutron dalam atom berikut! Cu(z=29) tolong yh kx


nugnug
(13/08/20 pukul 18:21:21)

64Cu
29

Diketahui
Nomor atom (Z)=29
Nomor massa (A)=64
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=29

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=29 - (0)
=29

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=64 - 29
=35


#73


Karina
(12/08/20 pukul 12:46:24)

Tentukan jumlah proton,elektron,dan neutron pada ion fe^3+(nomor atom fe 26) dan O^2-(nomor atom O8)


nugnug
(13/08/20 pukul 18:40:38)

56Fe3+
26

Diketahui
Nomor atom (Z)=26
Nomor massa (A)=56
muatan=+ 3

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=26

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=26 - (+ 3)
=23

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=56 - 26
=30

16O2-
8

Diketahui
Nomor atom (Z)=8
Nomor massa (A)=16
muatan=-2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=8

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=8 - (-2)
=10

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=16 - 8
=8


#72


Novita
(12/08/20 pukul 12:28:22)

Tuliskan lambang atom dari data partikel berikut! A). Atom x dengan 35 proton, 35elektron, dan 45 neutron. B). Atom y dengan 18 proton, 18 elektron, dan 22 neutron


nugnug
(13/08/20 pukul 18:48:17)

70X
35
dan
40Y
18

Cara menentukan nomor atom dan nomor massa

Nomor atom (Z)=jumlah proton
Nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
muatan=jumlah proton - jumlah elektron


#71


Amelia
(12/08/20 pukul 12:17:05)

Jika no.massa 40, proton 19, maka jumlah no.atom,elektron dan neutron adalah


nugnug
(13/08/20 pukul 18:54:21)

Diketahui

jumlah proton =19
nomor massa (A)=40
muatan=0 (karena tidak disebutkan dalam soal)

Ditanyakan
a)nomor atom (Z)=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)nomor atom (Z)=jumlah proton
=19

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=19 - (0)
=19

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=40 - 19
=21


#70


Ailma
(12/08/20 pukul 09:03:50)

Tentukan jumlah Proton,elektron dan neutron dr ion A.na+ B.o²-


Ailma
(12/08/20 pukul 09:04:31)

Cepat ya mau di kumpulkan


nugnug
(13/08/20 pukul 19:04:07)


23Na+
11

Diketahui
Nomor atom (Z)=11
Nomor massa (A)=23
muatan=+ 1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=11

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=11 - (+1)
=10

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=23 - 11
=12


16O2-
8

Diketahui
Nomor atom (Z)=8
Nomor massa (A)=16
muatan=-2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=8

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=8 - (-2)
=10

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=16 - 8
=8


#69


Nana
(12/08/20 pukul 08:29:51)

Tentukan jumlah proton, elektron dan neutron atom berikut 48 25 Mn


nugnug
(14/08/20 pukul 19:02:30)


48Mn
25

Diketahui
Nomor atom (Z)=25
Nomor massa (A)=48
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=25

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=25 - (0)
=25

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=48 - 25
=23


#68


Caca
(11/08/20 pukul 12:50:47)

Sebuah atom memiliki 4 elektron dan 5proton, tentukan lah muatan elektron dan proton nya


nugnug
(14/08/20 pukul 19:10:24)

Diketahui

jumlah proton =5
jumlah elektron=4

Ditanyakan
muatan atom=...?

Penyelesaian
muatan atom=jumlah proton - jumlah elektron
=5 - 4
=+ 1


#67


Faiz Rangga
(11/08/20 pukul 12:45:01)

Konfigurasi elektron untuk unsur dengan nomor massa 56 dan jumlah neutron 24 adalah


nugnug
(14/08/20 pukul 19:34:29)

Diketahui

nomor massa=56
jumlah neutron=24
muatan=0 (karena tidak disebutkan dalam soal)

Ditanyakan
konfigurasi elektron=...?

Penyelesaian
jumlah proton=nomor massa - jumlah neutron
=56 - 24
=32

jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=32 - 0
=32
Konfigurasi elektron:
32X: 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p2


#66


Lisa Fitriyanti
(11/08/20 pukul 12:25:29)

Tentukan jumlah proton dan elektron dari: A. IonMg ²+ jika no atomnya 12 no massa 24


Lisa Fitriyanti
(11/08/20 pukul 12:26:18)

Cpt sedikit bisa nggak kak


nugnug
(14/08/20 pukul 19:37:26)

24Mg2+
12

Diketahui
Nomor atom (Z)=12
Nomor massa (A)=24
muatan=+ 2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=12

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=12 - (+2)
=10


#65


Lisa Fitriyanti
(11/08/20 pukul 12:07:58)

Tentukan jumlah proton dan elektron dari: A. IonMg ²+ jika no atomnya 12 no massa 24 B. Ion Cl- jika no atomnya 17 no massanya 35


nugnug
(14/08/20 pukul 19:39:01)

35Cl-
17

Diketahui
Nomor atom (Z)=17
Nomor massa (A)=35
muatan=-1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=17

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=17 - (-1)
=18


#64


M Ridho Alfizzri
(10/08/20 pukul 13:18:29)

Saya mau bertanya Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara atom netral, atom positif dan atom negatif!


M Ridho Alfizzri
(10/08/20 pukul 13:20:22)

Bisa cepat ngga sih soalku ini mau dikumpul, kalau lama tugasku terlambat


nugnug
(10/08/20 pukul 21:46:52)

maaf, gak bisa cepat


nugnug
(10/08/20 pukul 21:47:52)

  • atom netral, elektronnya masih lengkap
  • atom positif, elektronnya sudah berkurang
  • atom netral, elektronnya sudah bertambah


#63


ichsan
(10/08/20 pukul 11:00:12)

tentukan jumlah prroton ,elektron dan neutron dari 35 7 CI- dan 32 6 s dan 27 13 Al3+


nugnug
(10/08/20 pukul 22:06:04)

35Cl-
17

Diketahui
Nomor atom (Z)=17
Nomor massa (A)=35
muatan=-1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=17

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=17 - (-1)
=18

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=35 - 17
=18


32S
16

Diketahui
Nomor atom (Z)=16
Nomor massa (A)=32
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=16

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=16 - (0)
=16

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=32 - 16
=16


27Al3+
13

Diketahui
Nomor atom (Z)=13
Nomor massa (A)=27
muatan=+ 3

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=13

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=13 - (+ 3)
=10

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=27 - 13
=14


#62


Rabiatul adawiyah
(10/08/20 pukul 10:22:00)

16 A+ 8


nugnug
(10/08/20 pukul 21:39:31)

itu lambang unsur atau titi azimuth ya?


#61


Dann
(10/08/20 pukul 08:42:14)

Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dari 14 N 17


nugnug
(10/08/20 pukul 21:38:46)



14N
7

Diketahui
Nomor atom (Z)=7
Nomor massa (A)=14
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=7

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=7 - (0)
=7

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=14 - 7
=7


#60


Cinta
(10/08/20 pukul 08:29:48)

Jika atom A mempunyai jumlah proton 5 sedangkan massa atomnya 11. Berapakah jumlah neutron dari atom A tersebut


nugnug
(10/08/20 pukul 22:01:47)

Jumlah neutron=nomor massa (A) - jumlah neutron
=11 - 5
=6


#59


alyionnita
(10/08/20 pukul 07:29:50)

tentukan jumlah proton, neutron,dan elektron 35 CL 17


nugnug
(10/08/20 pukul 21:29:06)



35Cl
17

Diketahui
Nomor atom (Z)=17
Nomor massa (A)=35
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=17

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=17 - (0)
=17

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=35 - 17
=18


#58


Hasiholan nababan
(08/08/20 pukul 19:29:41)

Jumlah Proton neutron dan elektron dari 12S16


nugnug
(10/08/20 pukul 21:30:58)



32S
16

Diketahui
Nomor atom (Z)=16
Nomor massa (A)=32
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=16

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=16 - (0)
=16

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=32 - 16
=16


#57


Citra
(08/08/20 pukul 16:25:48)

Tentukan nomor atom dan nomor massa unsur-unsur berikut: A. Unsur A dengan jumlah proton 18 dan jumlah neutron 22. B. Unsur B dengan jumlah proton 26 dan jumlah neutron 30. C. Unsur C dengan jumlah proton 32 dan neutron 41


nugnug
(10/08/20 pukul 21:58:59)



Cara menentukan nomor atom dan nomor massa

Nomor atom (Z)=jumlah proton
Nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron


A
Nomor atom (Z)=18
Nomor massa (A)=40


B
Nomor atom (Z)=26
Nomor massa (A)=56


C
Nomor atom (Z)=32
Nomor massa (A)=73


#56


Nur Azizah
(08/08/20 pukul 13:59:20)

Tdk


#55


Afdalia
(08/08/20 pukul 13:04:14)

Jika suatu atom memiliki nomor atom 23 dan massa atom 67 tentukan jumlah proton neutron elektron


nugnug
(08/08/20 pukul 13:27:22)

67X
23

Diketahui
Nomor atom (Z)=23
Nomor massa (A)=67
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=23

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=23-(0)
=23

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=67-23
=44


#54


RIa safitri
(08/08/20 pukul 11:41:07)

Tentukan jumlah proton elektron dan netron pada atom berikut. A. 17 o 8 B. 85 Rb 37


nugnug
(08/08/20 pukul 13:30:51)

17O
8

Diketahui
Nomor atom (Z)=8
Nomor massa (A)=17
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=8

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=8 - (0)
=8

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=17 - 8
=9


85Rb
37

Diketahui
Nomor atom (Z)=37
Nomor massa (A)=85
muatan=0

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=37

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=37 - (0)
=37

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=85 - 37
=48


#53


Maisya putri Nabila
(08/08/20 pukul 10:48:35)

Buk klw muatan itu kyk mna


nugnug
(08/08/20 pukul 13:18:48)

Contoh:

Lambang ionKeterangan
Hemuatan = 0
Na+muatan = + 1
Mg2+muatan = + 2
Ca++muatan = + 2
Al3+muatan = + 3
N3-muatan = - 3
O=muatan = - 2
S2-muatan = - 2
F-muatan = - 1
Znmuatan = 0


#52


Dinda
(08/08/20 pukul 01:58:24)

Berapa jumlah Proton,elektron dan neutron dari unsur berikut? 35 CI– 17


nugnug
(08/08/20 pukul 13:25:55)

35Cl-
17

Diketahui
Nomor atom (Z)=17
Nomor massa (A)=35
muatan=- 1

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)jumlah proton=nomor atom (Z)
=17

b)jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=17-(-1)
=18

c)jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=35-17
=18


#51


Nabiila
(07/08/20 pukul 07:39:28)

Tentukan neutron jika no mass a lebih besar dari no atom ch 19 K 39


nugnug
(07/08/20 pukul 18:09:54)

maksudnya angka yang besar adalah nomor massa (39)
angka yang kecil adalah nomor atom (19)

39K
19

Diketahui
Nomor atom (Z)=19
Nomor massa (A)=39

Ditanyakan
jumlah neutron=...?

Penyelesaian
Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=39-19
=20


Tasya
(11/08/20 pukul 08:06:21)

Kk nugnug ini yakin jawaban nya benar


nugnug
(11/08/20 pukul 09:42:09)

iya


#50


Putri
(06/08/20 pukul 22:16:30)

Tentukan Jumlah proton, elektron, dan neutron dari spesies atom berikut 32S²-16


nugnug
(07/08/20 pukul 17:50:39)

32S2-
16

Diketahui
Nomor atom (Z)=16
Nomor massa (A)=32
muatan=- 2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)Menentukan jumlah proton
jumlah proton=nomor atom (Z)
=16

b)Menentukan jumlah elektron
jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=16 - (-2)
=18

c)Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=32-16
=16


#49


Pras
(06/08/20 pukul 19:30:12)

18 P 45= brp???


#48


Tika
(05/08/20 pukul 19:13:11)

17 0 brp y? 8


#47


Nurlisa anggria
(05/08/20 pukul 18:24:30)

Berpa massa atom dan jumlah elektron suatu atom dgn jumlah proton 13 dan jumlah neutron 14?


KIRANI
(07/08/20 pukul 14:19:20)

Massa = 27 Elektron = 13 ( bila itu atom netral


#46


Selvi zialianti
(05/08/20 pukul 11:22:09)

Berapa jumlah proton,neutron dan elektron dari 1632 ²-


nugnug
(07/08/20 pukul 17:41:47)

32S2-
16

Diketahui
Nomor atom (Z)=16
Nomor massa (A)=32
muatan=- 2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)Menentukan jumlah proton
jumlah proton=nomor atom (Z)
=16

b)Menentukan jumlah elektron
jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=16 - (-2)
=18

c)Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=32-16
=16


#45


Retti Permatasari
(05/08/20 pukul 08:40:18)

23 ²+ Mg 12 Tentukan A) jumlah proton B) jumlah elektron C) jumlah neutron


nugnug
(07/08/20 pukul 17:38:51)

23Mg2+
12

Diketahui
Nomor atom (Z)=12
Nomor massa (A)=23
muatan=+ 2

Ditanyakan
a)jumlah proton=...?
b)jumlah elektron=...?
c)jumlah neutron=...?

Penyelesaian
a)Menentukan jumlah proton
jumlah proton=nomor atom (Z)
=12

b)Menentukan jumlah elektron
jumlah elektron=jumlah proton - muatan
=12 - (+2)
=10

c)Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron=nomor massa (A) - nomor atom (Z)
=23-12
=11


#44


Diah ayu
(01/08/20 pukul 14:36:33)

Atom Ni mempunyai jumlah proton dan elektron sebesar 28. Sementara jumlah neutron 30. Tentukan nomor atom dan nomor massa nya...!!


nugnug
(04/08/20 pukul 23:37:36)

nomor atom (Z)=jumlah proton
=28

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=28 + 30
=58


#43


Nina
(29/07/20 pukul 21:49:45)

ion A memiliki neutron 12 dan memiliki muatan-2 sehingga memiliki jumblah elektron 20.tuliskanlah lambang ion A tersebut..


nugnug
(04/08/20 pukul 23:23:36)

Diketahui atom A:

jumlah neutron=12
jumlah elektron=20
muatan=- 2


Ditanyakan:
Notasi atom A = ....?


Jawab:
jumlah elektron=jumlah proton - muatan
berarti:
jumlah proton=jumlah elektron + muatan
=20 + (-2)
=18

nomor atom (Z)=jumlah proton
=18

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=18 + 12
=30

notasi atom A:

30A
18


#42


Isykarima
(29/07/20 pukul 10:22:14)

Bermanfaat sekalee


nugnug
(04/08/20 pukul 23:06:48)

oke


#41


Adi
(29/07/20 pukul 08:33:15)

Atom Ni mempunyai jumlah proton dan elektron sebesar 28.sementara jumlah neutron atom tersebut sebanyak 30.tentukan no atom dan no massa dari unsur tersebut?


Nita
(29/07/20 pukul 08:51:17)

Jawabannya mna


nugnug
(04/08/20 pukul 23:06:34)

nomor atom (Z)=jumlah proton
=28

nomor massa (A)=jumlah proton + jumlah neutron
=28 + 30
=58


#40


Anita
(28/07/20 pukul 08:55:09)

Sebuah atom memiliki 16proton, 4 netron, 12 elektron. Atom tersebut bermuatan?


nugnug
(28/07/20 pukul 19:43:42)

Karena jumlah protonnya = 16, berarti nomor atomnya (Z) = 16.
Karena
jumlah elektron = Z - muatan,
maka:
muatan = Z - jumlah elektron

muatan=Z - jumlah elektron
=16 - 12
=4

Jawaban:
muatan atom tersebut = + 4


#39


Anti Apriani
(19/07/20 pukul 16:55:23)

Sebutkan jumlah elektron proton dan neutron pada Gambar atok netra


#38


Mulya
(19/07/20 pukul 13:16:21)

Apa tidak ada pembahasan tentang mencari Proton dan elektron dari ion bermuatan yang belum diketahui no massa dan no atomnya ?


nugnug
(23/07/20 pukul 18:50:12)

o, iya. Belum ada di lagonlon


#37


Lulu
(14/07/20 pukul 12:03:13)

Sebutkan jumlah elektron,proton dan neutran pada gambar atom netra berikut


#36


Kaysia amanda
(18/06/20 pukul 08:09:02)

Jumlah proton,neutron,dan elektron dari atom 32Ge75 adalah…………


nugnug
(23/07/20 pukul 19:07:11)

Diketahui:

75Ge
32

nomor atom (Z)=32
nomor massa (A)=75
muatan=0 (karena tidak ada tanda positif maupun negatif)

Ditanyakan:
Jumlah Proton = ...?
Jumlah neutron = ...?
Jumlah elektron = ...?

Penyelesaian:

Jumlah Proton=Nomor atom (Z)
=32

Jumlah Neutron=Z - A
=75 - 32
=43

Jumlah Elektron=Z - muatan
=32 - 0
=32


#35


Triyanti
(09/06/20 pukul 13:09:34)

tentukan jumlah proton,elektron dan neutron unsur berikut:*103 45RH


nugnug
(13/06/20 pukul 13:37:47)

103Rh
45

Diketahui:
Nomor atom (Z)=45(angka kecil)
Nomor massa (A)=103(angka besar)
muatan=0(tidak ada muatan + atau -)

Ditanyakan:
Jumlah proton=...?
Jumlah neutron=...?
Jumlah elektron=...?

Jawab:
Jumlah proton=Z
=45
 
Jumlah neutron=A - Z
=103 - 45
=58
 
Jumlah elektron=Z - muatan
=45 - 0
=45


#34


Najwa
(09/06/20 pukul 07:06:15)

Sangat jelas dan mudah dipahami


nugnug
(13/06/20 pukul 12:53:08)

siip


#33


Faliza
(12/04/20 pukul 13:41:43)

Tentukan jumlah Proton, electron dan neuton dari atom atom berikut ini A.56 26 FE


nugnug
(12/04/20 pukul 16:26:46)

56Fe
26

Diketahui:
nomor atom (Z)=26
nomor massa (A)=56
muatan=0
 
Jawaban:
Jumlah proton=Z
=26
 
Jumlah elektron=Z - muatan
=26 - 0
=0
 
Jumlah neutron=A - Z
=56 - 26
=30


#32


aisyah
(26/03/20 pukul 16:40:10)

kurang lengkap


#31


Nurul fadillah
(12/12/19 pukul 18:23:10)

Ch 5 soal tentang menemukan jumlah proton ,elektron dan neutron


Anying
(26/02/20 pukul 14:47:35)

Oke siap


#30


Alfira Yuniar
(13/10/19 pukul 18:50:46)

Tentukan jumlah proton dan Jumlah elektron pada Atom...


#29


Leony putri
(04/10/19 pukul 05:13:38)

Apakah jumlah neutron tidak pernah sama dengan neutron? Apakah atom terdiri atas inti atom yang bermuatan negatif dan elektron bermuatan positif?


nugnug
(06/10/19 pukul 20:51:17)

Proton bermuatan positif


#28


Ramadani
(04/10/19 pukul 05:06:31)

Sangat jelas dab rinci


#27


Sri wahyuni
(29/09/19 pukul 18:01:28)

tuliskan nomor atom netral yang memiliki jumlah elektron 10,15 ,dan 20!


nugnug
(06/10/19 pukul 20:43:50)

Untuk atom netral:
Jumlah elektron = jumlah proton
(muatan positif dan negatif sama/seimbang)

Karena nomor atom = jumlah proton, maka jawabannya:
Nomor atom = 10, 15 dan 20


#26


ruvia ayana
(08/09/19 pukul 12:19:11)

Atom yg bermuatan (+2) memiliki jumlah proton sebanyak 13 dan neutron sebanyak 20 tentukan nomor massanya!!! Tolongin gw dong soal gw sm kyk arin!!!!


nugnug
(08/09/19 pukul 12:54:18)

Dik.muatan= + 2
Jumlah proton= 13
Jumlah neutron= 20
 
Dit.nomor massa= ...?
 
Jwb.nomor massa= jumlah proton + jumlah neutron
= 13 + 20
= 33


#25


arinda dewi
(08/09/19 pukul 12:17:00)

Sebuah atom memiliki jumlah ptoton 15 dan memiliki jumlah elektron 14 tentukan muatan dari atom trrsebut!!! Plisss banti dongggg


nugnug
(08/09/19 pukul 12:49:54)

Dik.Jumlah proton= 15
Jumlah elektron= 14
 
Dit.muatan= ...?
 
Jwb.muatan= jumlah proton - jumlah elektron
= 15 - 14
= + 1


#24


Dwi Nurwulan
(04/09/19 pukul 17:29:01)

Suatu atom memiliki proton sebanyak 5. Banyaknya elektron di dalam suatu inti atom tersebut adalah


nugnug
(08/09/19 pukul 13:00:17)

Di inti atom tidak ada elektron.
Elektron berada di kulit atom (mengelilingi inti atom).
Karena tidak disebutkan, maka muatan dianggap = 0.

Jumlah elektron= jumlah proton - muatan
= 5 - 0
= 5


#23


Habiba
(02/09/19 pukul 22:30:25)

Minta bantuan


#22


Wulandary
(26/08/19 pukul 20:11:27)

Bukan begitu maksud ku yg ku maksud no elektron nya


nugnug
(27/08/19 pukul 19:42:59)

untuk ion (jumlah elektronnya tidak sama dengan jumlah proton), tutorialnya dapat dilihat disini: Jumlah proton, elektron dan neutron atom bermuatan (ion)


#21


YOLA
(14/08/19 pukul 14:21:10)

Kurang jelass


Shahnaz
(14/08/19 pukul 14:22:50)

Amazaci


#20


Nia
(17/08/18 pukul 20:03:16)

Kimia


#19


hannan
(09/11/17 pukul 20:43:15)

Alhamdulillah...semoga berkah buat kreator Lagonlon


nugnug
(13/11/17 pukul 18:52:36)

Amiin..., terimakasih


#18


Wiwik Anggraini
(09/07/17 pukul 23:15:04)

Ca Z:20 A:40,08 Jadi neutronnya berapa?


nugnug
(10/07/17 pukul 13:27:04)

Atom Ca

Z=20
A=40 (pembulatan)

Sehingga:
Jumlah neutron=A - Z
=40 - 20
=20


#17


Bobby galaticos
(21/03/17 pukul 23:54:49)

Thanks info nya sngt mmbntu


nugnug
(27/03/17 pukul 16:56:04)

sama sama


#16


Multi
(11/03/16 pukul 19:56:19)

makasih yassh..


nugnug
(20/03/16 pukul 20:41:03)

sama sama


Dolisa
(24/09/19 pukul 05:08:04)

Tolong kirim kesaya


fandi
(10/06/20 pukul 00:48:17)

berapa jumlah proton dan nuestron


#15


andy
(09/10/15 pukul 21:27:59)

tolong fong kasih tau tutorial mengerjakan kelimpahan isotop


andy
(09/10/15 pukul 21:29:37)

tolong dikirimke → andykidangan@gmail.con thanks


nugnug
(12/10/15 pukul 23:00:42)

waduh.. maaf.. tidak bisa segera. untuk membuat satu tutorial butuh waktu lumayan lama..


Wanty nahak
(28/10/15 pukul 12:05:46)

Mkci bngat krna sngat mmbntu cya dlam mngerjakan tgas dan tolng di perjlaskanx lebih ditail lgi mkci,,,,


nugnug
(28/10/15 pukul 20:40:40)

ockze..


#14


Mario
(28/09/15 pukul 18:43:08)

Yg ch soal nomer 2 salah di bagian elektronnya


nugnug
(12/10/15 pukul 22:58:40)

sepertinya sudah tepat. jangan lupa muatannya -2


#13


yuni
(18/09/15 pukul 19:36:06)

dari mana dia dapat 1


nugnug
(20/09/15 pukul 22:44:14)

Dihitung jumlah tanda posyif (+) atau negatifnya (-)


#12


umdatul
(15/09/15 pukul 11:18:41)

mantapppppp


nugnug
(20/09/15 pukul 22:52:21)

thanks


#11


aini
(15/09/15 pukul 11:12:45)

kurang lengkapppppp


nugnug
(20/09/15 pukul 22:53:02)

iya ya. he he..


#10


sylviana
(13/09/15 pukul 16:55:38)

aku pusing sma kimia


nugnug
(20/09/15 pukul 22:54:08)

pelan pelan.. pahami sedikit demi sedikit.. lama lama jadi bukit


#9


putri agustina karok
(01/09/15 pukul 19:11:25)

Keren thank you banget baaget sangat membantu


nugnug
(20/09/15 pukul 22:44:50)

siip


#8


yulius lou mada
(31/08/15 pukul 06:26:16)

Aku sangat senang. Beljr kimia


nugnug
(20/09/15 pukul 22:56:28)

lanjutkan yulius..


#7


Lasarwani
(30/08/15 pukul 12:01:37)

Aku sangat senang bisa mengetahuinya


nugnug
(20/09/15 pukul 22:57:00)

ok lasarwani


#6


intan
(27/08/15 pukul 15:15:43)

Mmbantu bangett.. thanks ya..


nugnug
(20/09/15 pukul 22:57:21)

siip


#5


sastra
(23/08/15 pukul 21:53:24)

thanks ya guys buat penyelesaiannya


nugnug
(20/09/15 pukul 22:57:54)

yw sastra


#4


Hasan
(03/08/15 pukul 19:20:35)

Soal-soal ini mudah untuk di pahami


nugnug
(20/09/15 pukul 23:00:59)

kita memang mulai dari yang mudah. biar paham dulu


#3


Reehansyah
(28/07/15 pukul 20:04:11)

Rumus mencari proton,elektron,dan neutron tolong dijabarkan


nugnug
(20/09/15 pukul 23:02:18)

sudah ada. tapi dalam bentuk kata kata. pakai simbol kali ya?


#2


nurul
(16/04/15 pukul 20:39:57)

Terus cara dapat jp, je dan jn gimana?


nugnug
(21/09/15 pukul 00:36:21)

sudah ada caranya


#1


Rizky
(10/03/15 pukul 11:40:43)

28Ni61 berapa jumlah proton, elektron, dan neutron nya


nugnug
(10/03/15 pukul 17:18:54)

Jp 28, je 28, jn 33



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see


Pengunjung:
9 8 3 3 8
www.lagonlon.com